Jumat, 28 November 2014

Kesadaran

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah Anda melakukan atau mengatakan sesuatu, kemudian menyesalinya? Anda bahkan tak habis pikir, mengapa Anda bisa melakukan atau mengatakan hal tersebut.

Banyak permasalahan yang kita hadapi terjadi semata-mata karena kurangnya kesadaran pada saat kita melakukannya. Anda baru sadar telah bercanda tidak pada tempatnya, begitu ada kawan yang merasa terluka; Anda baru sadar telah bertindak kasar, setelah orang lain sakit hati; Anda baru sadar telah berbohong, setelah hal itu menimbulkan masalah.

Kita sering melakukan sesuatu secara otomatis. Saking rutinnya hal tersebut, kita melakukannya tanpa menyadarinya. Kita hanya bergerak seperti robot. Menyadari perasaan yang muncul setiap waktu merupakan kunci keberhasilan dalam hidup.

Kenalilah berbagai perasaan yang datang silih berganti. Saat Anda marah, sadarilah Anda sedang marah. Begitu Anda takut, sadarilah Anda sedang takut. Ketika Anda tergoda - apakah oleh uang, kekuasaan, jabatan, atau perempuan - sadarilah Anda sedang tergoda. Dengan demikian, Anda "membunuh monster"-nya selagi ia masih kecil.

Salah satu ukuran kemajuan spiritual kita adalah sejauh mana kita dapat menjaga kesadaran kita setiap saat. Inilah yang disebut mindfullness, yaitu hidup dalam kesadaran dan keterjagaan pikiran.

Mindfullness membuat kita lebih fokus, memberikan perhatian pada apa yang tengah kita kerjakan pada saat kita mengerjakannya. Memberikan perhatian membuat kita hidup di dalamnya, serta menikmati dan mengapresiasi saat ini dalam semua kekayaan dan kedalamannya.

Kesadaran ini bukan hanya akan meningkatkan kualitas hidup Anda pribadi, tetapi juga kualitas hubungan Anda dengan orang lain. Anda ingin mencobanya?

Izinkan saya berbagi satu tips sederhana yang telah saya lakukan: mulailah hari Anda lebih pagi. Berangkatlah ke tempat kerja sedikit lebih awal dari biasanya. Jangan terburu-buru, melangkahlah dengan penuh kesadaran dan nikmati pemandangan di jalan yang Anda lalui. Bukalah semua panca indra dan rasakanlah keberadaan Anda. Anda akan menemukan banyak hal baru, dan percayalah, hidup Anda akan jauh lebih indah.

0 komentar:

Posting Komentar