Kamis, 27 November 2014

Pilar-Pilar Palsu

Arsitek terkenal asal Inggris, Sir Christopher Wren (1632-1723), membangun kubah gereja besar yang begitu unik, sehingga para pesaingnya sangat iri. Mereka memunculkan kegemparan, sehingga orang-orang yang bertanggung jawab atas bangunan itu bersikeras meminta Wren menambahkan dua pilar penyangga untuk mencegah kubah itu roboh.

Wren menjelaskan kekuatan desainnya dan berusaha meyakinkan para pejabat bahwa kubah itu tidak akan roboh. Tetapi, lawan-lawannya menang. Wren harus menambahkan dua pilar.

Lima puluh tahun kemudian, kubah itu perlu dicat ulang. Para pekerja membuat perancah untuk mencapainya. Mereka menemukan sesuatu yang menakjubkan. Kedua pilar yang ditambahkan oleh Wren sama sekali tidak menyentuh langit-langit kubah. Pilar-pilar itu lebih pendek dua kaki!

Pihak berwenang hanya melihat kedua pilar tersebut dari lantai dasar. Mereka beranggapan, kedua pilar mencapai langit-langit. Ternyata, kedua pilar berdiri bebas, tidak menyangga apa pun. Wren membuktikan kekuatan desainnya benar.

Berbagai rintangan dan kendala yang ada di jalan kita, sering kali sama tidak bergunanya seperti pilar-pilar 'palsu' Wren. Kita perlu bijak mencermatinya.

0 komentar:

Posting Komentar