Kamis, 27 November 2014

Menarik Diri

Masa hidup kita singkat dan kadang amat sangat singkat. Bagaimana kita begitu yakin hidup kita tidak akan segera berakhir, tidak akan berakhir dalam sejam ke depan, atau setelah satu menit dari sekarang?

Kita ditetapkan untuk menyerahkan segenap diri kita kepada Tuhan. Janganlah bergantung pada sesuatu yang fana - pada kehidupan di mana seharusnya kita tak boleh berharap terlalu banyak.

Mungkin kita masih termasuk orang-orang sangat duniawi, yang mempunyai keinginan kuat untuk melakukan hal-hal yang baik. Hanya sesekali bahkan mungkin kurang sekali kita memercayakan diri kita kepada penyelenggaraan Tuhan.

Jarang sekali kita memikirkan jiwa kita. Karena terlalu sibuk, kita berdoa hanya beberapa kali dalam sebulan, itu pun pikiran kita masih tertuju pada seribu satu macam persoalan.

"Di mana harta bendamu berada, di sana pula hatimu berada." Dari waktu ke waktu kita perlu mengenyampingkan persoalan sehari-hari. Kita perlu merefleksikan keadaan jiwa kita, menyadari kita tak akan mencapai tujuan melalui jalan yang kita ikuti. Kita perlu menarik diri dari persoalan dan hal-hal yang tidak penting.

0 komentar:

Posting Komentar