Selasa, 25 November 2014

Permasalahan Blog Copy Paste

copy paste soul people on the street 
 
Perdebatan tentang blog copy paste sangat kental selama paling tidak 5 tahun terakhir. Pro Kontra hal ini sudah terjadi berlarut-larut dengan berbagai alasan dan selalu pihak copy paste dijadikan sebagai pihak yang disudutkan.
 
Saya berharap anda membaca tulisan ini sampai selesai sebelum mempermasalah copy paste di blog ini. Jika anda tidak membaca ini dari tulisan berdirinya blog tercreative maka saya ingin ingatkan bahwa blog ini tidak dan tidak akan bersifat komersil artinya tidak akan menerima permintaan pemasangan iklan ketika trafficnya sudah sangat tinggi sekalipun.
 
Tujuan blog ini sederhana, berbagi untuk menambah wawasan, menghibur dan menginspirasi. Dengan cara yang bisa dibilang kontroversial untuk banyak orang.
 
Bagi anda yang merasa copy paste itu buruk karena banyak pendapat orang demikian, mari saya ajak anda melihat apa yang saya lihat. Saya pertama kali membuat blog adalah tahun 2006, saat itu blog saya bersifat personal dan blogger hanya bisa membuat blog dengan tampilan sangat sederhana. Berbeda dengan sekarang yang mampu menyamai website-website profesional.
 
Saya kemudian membuat blog yang nantinya dikenal dengan istilah blog copy paste pada akhir 2007, benar-benar akhir sekitar 26-27 desember, karena itu saya lebih sering menceritakan bahwa blog itu berdiri tahun 2008. Pada zaman itu, yang namanya blog copy paste masih sangat sedikit. Belum ada yang namanya blog terkenal seperti terselubung, dan juga blog seperti okezone,detik, kompas hanya berfokus kepada berita, bukan artikel-artikel umum seperti sekarang.
 
Pada masa itu, blog copy paste bukanlah sebuah aib, dan diterima keberadaannya sebagai sumber informasi. Saya mendapat traffic yang tinggi dan tanggapan yang positif dari para pembaca, tetapi semua itu berubah ketika iklan mulai masuk dalam dunia blog.
 
Banyak kabar tersebar bahwa para pemilik blog copas, dapat meraih ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perbulannya hanya dengan copas saja. Pada saat itulah mulai muncul banyak orang yang membuat blog sejenis hanya untuk mendapatkan rupiah saja, halamannya penuh dengan iklan. Meningkatnya jumlah blog copas mengalih traffic yang harusnya ke blog personal lebih ke arah blog informatif.
 
Dari sinilah mulai terjadi kontra-kontra terhadap blog copas, perkumpulan-perkumpulan blogger mulai anti blog copas. Sebelum ini terjadi, aku tergabung dalam 3 perkumpulan besar blogger Indonesia tetapi aku tiba-tiba dikucilkan karena hal ini, begitu mudahnya perubahan sikap itu terjadi.
 
Blog copas mulai diminta mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku, yang paling umum adalah memasang link sumber artikel tersebut yang belakangan disadari, tidak banyak artinya. Maksud aturan itu adalah agar si penulis aslinya juga merasakan traffic yang deras dari artikel tersebut, tetapi tidak semua artikel laris manis.
 
Aturan-aturan yang dibuat perkumpulan blogger tersebut tidak banyak memberikan hasil karena itu akhirnya mereka memutuskan bahwa blog copas itu tidak boleh ada, mulailah diskriminasi terjadi dengan sedemikian hebatnya. Bagi anda yang baru mulai beberapa tahun lalu membuat blog mungkin tidak tau bahwa awalnya sangat sepele.
 
Sebagian besar ini blog ini akan diambil dari blog-blog yang sudah tidak aktif atau jarang diupdate, jika ada tulisan anda yang diterbitkan disini, Selamat karena itu artinya tulisan anda saya nilai sangat bermamfaat, informatif, menghibur atau menginspirasi karena artikel yang ada disini akan disaring terlebih dahulu.
 
Tentunya blog ini menerima claim hak cipta, tetapi sebelum anda melakukan claim saya minta anda berpikir sejenak, sebenarnya apa tujuan anda menulis sebuah tulisan yang bermamfaat bagi banyak orang. Apakah agar tulisan itu dapat dibaca sebanyak-banyak oleh orang lain atau anda ingin orang hanya bisa membacanya di blog anda saja?
 
Adapun blog ini melayani dua jenis claim hak cipta 
 
Pertama, pemasangan sumber artikel. Semua artikel awalnya tidak akan disebutkan sumbernya, jika anda yakin bahwa itu tulisan anda dan bersedia artikel itu tetap tayang di blog ini maka silahkan memasang sumber artikel di kotak komentar.
 
Syaratnya :
- Postingan memang asli berasal dari blog anda
- Tanggal postingannya lebih dulu dari postingan di blog ini
- Kemiripan artikel minimal 90% - karena saya hanya akan memperbaiki EYD, typo, tampilan dan mengurangi bagian yang dianggap tidak perlu atau bersifat pribadi.
 
Kedua, penghapusan tulisan anda di blog ini. Jika anda tidak bersedia tulisan anda tayang di blog ini maka saya akan menghapus artikel tersebut dalam waktu 2x24jam setelah anda melaporkannya.

Syaratnya :
- Menunjukan bukti tulisan itu orinsil dari blog anda- karena terkadang saya bisa mengambil dari buku
- Kemiripan artikel minimal 90% dengan alasan sama di atas
- Blog anda masih aktif dan minimal posting sekali dalam sebulan - kalau anda sudah tidak blog lagi, tolong biar saya rawat tulisan anda dan didukung dengan teknik SEO maka tulisan itu akan dibaca lebih banyak orang.

Sebelum anda melakukan klaim yang kedua, saya ingin sampaikan bahwa setiap artikel yang diterbitan disini telah saya saring dan saya rasa sangat bermamfaat.  Tulisan itu mungkin dapat sangat berarti bahkan merubah kehidupan seseorang, karena tidak sedikit tulisan yang berperan membantu memberikan perubahan yang baik bagi hidup saya. Saya minta kebesaran hati anda untuk berbagi kepada orang-orang lain yang mungkin tidak berhasil menemukan tulisan anda di blog anda.

Terimakasih saya ucapkan kepada anda yang membaca ini hingga selesai.

0 komentar:

Posting Komentar