SENI TARI TRADISIONAL DI KARANGASEM, BALI
Tari Magebug dan Mekare merupakan dua tari tradisional yang hampir sama. Seperti halnya olahraga tinju, Magebug dan Mekare mencari sasaran bagian tubuh lawan untuk memenangkan pertandingan. Yang membedakan dengan pertandingan tinju mungkin alat pemukul dan musik yang selalu mengiringi, sehingga bentuknya pun inukul dan musik yang selalu mengiringi, sehingga bentuknya lebih dikenal dengan tarian. Megebug mempergunakan rotan sebagai alat pemukul sedangkan Mekare mempergunakan seikat pohon pandan berduri. Sebagai alat pelindung, setiap penari (pemain) dibekali dengan sebuah perisai. Sehingga tari ini dapat digolongkan sebagai tari perang.
Tari Magebug dan Mekare merupakan dua tari tradisional yang hampir sama. Seperti halnya olahraga tinju, Magebug dan Mekare mencari sasaran bagian tubuh lawan untuk memenangkan pertandingan. Yang membedakan dengan pertandingan tinju mungkin alat pemukul dan musik yang selalu mengiringi, sehingga bentuknya pun inukul dan musik yang selalu mengiringi, sehingga bentuknya lebih dikenal dengan tarian. Megebug mempergunakan rotan sebagai alat pemukul sedangkan Mekare mempergunakan seikat pohon pandan berduri. Sebagai alat pelindung, setiap penari (pemain) dibekali dengan sebuah perisai. Sehingga tari ini dapat digolongkan sebagai tari perang.
Magebug dikenal di Desa Seraya dan
Mekare dikenal di Desa Tengan Pegringsingan. Desa Seraya terletak di
ujung timur pulau Bali termasuk dalam Kecamatan Karangasem. Sedang Desa
Tenganan, sebuah desa kuno yang sudah cukup dikenal terletak di
Kabupaten yang sama dan juga tidak jauh dari kota Amlapura. Mungkin
karena dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dan tanah yang tandus, tari
yang "keras" ini tetap disukai di tempat tersebut.
Tari Magebug hanya
berkembang di Desa Seraya, tidak di Desa-desa lain di sekitarnya, hal
ini menunjukkan bahwa seni Magebug bukan seni asli Bali. Kerajaan
Karangasem pernah memerintah di Lombok, sehingga diperkirakan seni
Magebug ini berasal dari Lombok.
Sedangkan di Lombok permainan sejenis
Magebug berkembang dengan baik dan dikenal dengan nama perisean. Sedang
tari makare di Desa Tenganan diperkirakan ada hubungan dengan tabuh rah
(upacara meneteskan darah ke bumi). Hal ini dihubungkan karena ternyata
diselenggarakan bila ada upacara-upacara khusus.Sebagai tari perang,
baik Magebug maupun Mekare juga berfungsi sebagai latihan ketangkasan
dan keberanian.
Berkaitan dengan ketangkasan dan
keberanian ini kemudian muncul usaha-usaha menuju arah kekebalan,
Orang-orang yang membawa kekebalan baik berupa jimat maupun lainnya
percaya bahwa dirinya tidak akan sakit walau terkena pukulan sekeras
apapun.
Suasana adu kekebalan akan tampak
manakala jagoan yang akan bertanding berasal dari beberapa desa. Hal ini
terjadi pada penyelenggaraan tari Magebug pada jaman dulu. Mereka
bertanding ibarat maju berperang ke medan laga. Tentu saja dalam
batas-batas etika permainan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Saat ini Magebug di Karangasem tidak
lagi merupakan tari yang senantiasa memperlihatkan unsur-unsur
kekebalan. Kini Magebug sudah menjadi permainan hiburan yang dapat
membawa suasana gembira, baik di desa asalnya di Seraya maupun di kota
Amlapura.
Perang Pandan
Mekare di Desa Tenganan Pegringsingan dapat pula digolongkan sebagai tari perang. Yang unik dari Mekare ini adalah senjata yang dipergunakan. Kalau Magebug mempergunakan rotan, Mekare mempergunakan daun pandan berduri yang banyak tumbuh di sekitar desa. Masyarakat di Bali lebih mengenal makare ini dengan sebutan perang pandan.
Mekare sebagai tari perang masih menunjukkan unsur-unsur tari primitif. Gerakan-gerakannya masih monoton dan sederhana, pakaiannya terdiri dari kain dan pada ujung bawah (kancut) diciutkan ke belakang sehingga menyerupai celana pendek. Pengiring tarian ini terdiri dari musik selonding yang merupakan salah satu instrumen atau gamelan Bali yang tergolong tua. Jenis gamelan seperti ini sekarang hanya ada di beberapa desa di Bali.
Sama halnya seperti apa yang ada dalam Magebug di Desa Seraya, penggunaan kekebalan tetap ada. Karena itu pula, prajurit dari desa ini konon dikenal gagah berani ketika mengabdi kepada raja Karangasem. Saat ini tari makare sudah dikategorikan sebagai tari sakral yang hanya diselenggarakan pada waktu ada upacara saja.
Mekare hanya diselenggarakan pada sasih (bulan) ke lima (perhitungan bulan Bali), dalam rangkaian ngusaba sambah (upacara yang dilakukan secara berkala) di Desa Tenganan.
Sebelum dimulai perang pandan didahului dengan serangkaian upacara dan Mekare secara simbolis. Dari rangkaian upacara tersebut akan tampak bahwa Mekare berfungsi sebagai tari pelengkap upacara. Pada saat ini undangan juga disebarkan kepada desa-desa tetangga untuk ikut menyaksikan upacara tersebut.
Tatacara Magebug
Dalam seni tari Magebug beberapa pelaku yang memegang peranan antara lain, dua pria pemain terdiri dari anak-anak, pemuda, maupun orang tua. Dua orang atau lebih menjadi pakembar yang fungsinya kurang lebih sebagai pengatur pertandingan. Disamping itu ada pula enam orang yang bertugas memisahkan apabila terjadi suatu pelanggaran dalam pertandingan. Enam orang tersebut jongkok pada setiap sudut pertandingan dan setiap orang dilengkapi dengan perisai. Tugas enam orang ini disamping memisahkan pemain bila terjadi kericuhan, juga bertugas sebagai penjaga ketertiban penonton.
Perang Pandan
Mekare di Desa Tenganan Pegringsingan dapat pula digolongkan sebagai tari perang. Yang unik dari Mekare ini adalah senjata yang dipergunakan. Kalau Magebug mempergunakan rotan, Mekare mempergunakan daun pandan berduri yang banyak tumbuh di sekitar desa. Masyarakat di Bali lebih mengenal makare ini dengan sebutan perang pandan.
Mekare sebagai tari perang masih menunjukkan unsur-unsur tari primitif. Gerakan-gerakannya masih monoton dan sederhana, pakaiannya terdiri dari kain dan pada ujung bawah (kancut) diciutkan ke belakang sehingga menyerupai celana pendek. Pengiring tarian ini terdiri dari musik selonding yang merupakan salah satu instrumen atau gamelan Bali yang tergolong tua. Jenis gamelan seperti ini sekarang hanya ada di beberapa desa di Bali.
Sama halnya seperti apa yang ada dalam Magebug di Desa Seraya, penggunaan kekebalan tetap ada. Karena itu pula, prajurit dari desa ini konon dikenal gagah berani ketika mengabdi kepada raja Karangasem. Saat ini tari makare sudah dikategorikan sebagai tari sakral yang hanya diselenggarakan pada waktu ada upacara saja.
Mekare hanya diselenggarakan pada sasih (bulan) ke lima (perhitungan bulan Bali), dalam rangkaian ngusaba sambah (upacara yang dilakukan secara berkala) di Desa Tenganan.
Sebelum dimulai perang pandan didahului dengan serangkaian upacara dan Mekare secara simbolis. Dari rangkaian upacara tersebut akan tampak bahwa Mekare berfungsi sebagai tari pelengkap upacara. Pada saat ini undangan juga disebarkan kepada desa-desa tetangga untuk ikut menyaksikan upacara tersebut.
Tatacara Magebug
Dalam seni tari Magebug beberapa pelaku yang memegang peranan antara lain, dua pria pemain terdiri dari anak-anak, pemuda, maupun orang tua. Dua orang atau lebih menjadi pakembar yang fungsinya kurang lebih sebagai pengatur pertandingan. Disamping itu ada pula enam orang yang bertugas memisahkan apabila terjadi suatu pelanggaran dalam pertandingan. Enam orang tersebut jongkok pada setiap sudut pertandingan dan setiap orang dilengkapi dengan perisai. Tugas enam orang ini disamping memisahkan pemain bila terjadi kericuhan, juga bertugas sebagai penjaga ketertiban penonton.
Biasanya suasana akan menjadi ramai karena setiap pakembar (orang yang mempertemukan) akan membawa suporter sendiri-sendiri.
Perisai dibuat dari kulit sapi berbentuk
bundar dengan garis tengah kurang lebih 80 cm. Rotan (penyalin) dipilih
yang cukup tua dan lurus, panjangnya kurang lebih 163 cm (dulu
dipergunakan ukuran setinggi manusia dewasa). Pada jaman dulu rotan
(penyalin) ini pada ujungnya diberi lapisan timah atau kekala (tahi
lebah) yang dikeringkan. Pada saat itu Magebug masih dikaitkan dengan
ilmu kekebalan sehingga diperlukan alat pemukul yang lebih berat. Saat
ini hal tersebut sudah tidak tampak lagi dan unsur kekebalan sudah lama
diabaikan. Magebug biasanya dilaksanakan siang hari di sembarang tempat
yang dianggap enak, misalnya di bawah pohon rindang atau di tanah
lapang.
Pakaian yang dikenakan: baju biasa,
destar (alat penutup kepala dari kain), kain dan dodot (yang berfungsi
sebagai ikat pinggang). Kain kemudian diikat agak tinggi (kurang lebih
sedikit di atas lutut) agar kalau bermain tidak terinjak. Sedangkan alat
gamelan yang mengiringi terdiri dari dua kendang, dua buah reong atau
bonang, sepasang cengceng, satu kempul dan satu gong.
Bagi orang yang sudah keranjingan seni
tari Magebug, begitu mendengar suara gamelan semangat mereka terbakar,
ingin segera datang ke arena pertandingan. Ada kalanya pakembar sengaja
menampilkan jago tua yang sudah beken sebagai permulaan untuk menarik
minat penonton. Biasanya jago tersebut bentuk tariannya dianggap bagus.
Ada beberapa peraturan yang harus
ditaati oleh pemain, antara lain tidak boleh melewati batas permainan,
tidak boleh memukul di bawah pinggang, tidak boleh memukul dengan
perisai, tidak boleh meruket (saling rangkul), tidak boleh memukul
dengan sengaja jari lawan, tidak diperkenankan kain diciutkan ke
belakang (karena dianggap kurang sopan) dan aturan-aturan lainnya.
Masing-masing pemain Magebug biasanya
menunjukkan gayanya sendiri-sendiri, ada yang loncat-loncat dengan kaki
satu dan ada pula yang melenggak-lenggok menggerakkan pinggang dan lain
sebagainya.
Tatacara Mekare
Mekare yang waktunya sudah ditetapkan biasanya mengambil tempat di halaman Bale Agung, pelaksanaannya pada pukul 13.00-15.00. Alat yang dipergunakan adalah tameng (perisai) dibuat dari rotan, bentuknya lebih besar dari perisai Magebug. Senjatanya adalah seikat daun pandan berduri, dan diiringi dengan alunan seperangkat gamelan selonding. Pakaian yang digunakan hanya kain yang dililitkan ke belakang dan biasanya tanpa memakai baju.
Tatacara Mekare
Mekare yang waktunya sudah ditetapkan biasanya mengambil tempat di halaman Bale Agung, pelaksanaannya pada pukul 13.00-15.00. Alat yang dipergunakan adalah tameng (perisai) dibuat dari rotan, bentuknya lebih besar dari perisai Magebug. Senjatanya adalah seikat daun pandan berduri, dan diiringi dengan alunan seperangkat gamelan selonding. Pakaian yang digunakan hanya kain yang dililitkan ke belakang dan biasanya tanpa memakai baju.
Beberapa peraturan yang harus diikuti
oleh pemain Mekare antara lain, dilarang menggores muka lawan, tidak
diperbolehkan bergumul dan tidak diperkenankan memakai baju. Tidak
seperti pada Magebug yang tidak menyediakan obat khusus, pada Mekare
digunakan obat yang terdiri dari cuka, kunir, lengkuas, dan bangle.
Ramuan ini dioleskan pada luka-luka. Gerakan-gerakan yang ditunjukkan
pada Mekare sangat dan hampir sama dengan Magebug, hanya cara berpakaian
yang tampak berbeda.
Dari tari tradisional ini khususnya
Mekare di Tenganan telah mampu menjadi acara langka yang sangat digemari
oleh wisatawan asing maupun domestik yang datang berkunjung ke Bali.
Hal tersebu: terjadi bila tiba saatnya upacara yang dilengkapi Mekare
diselenggarakan di desa Tenganan Pegringsingan.
Di mana-mana di seluruh pelosok
Indonesia yang beraneka budaya ini terdapat tari-tarian yang unik dan
menarik. Bukan mustahil pula hal ini akan menjadi pendukung yang baik
bagi pengembangan wisata budaya di bumi Nusantara tercinta.
0 komentar:
Posting Komentar