Selasa, 09 Desember 2014

Makam Eyang Adji Soko

makam eyang aji_1398150905.jpg
Makam Eyang Adji Soko terletak di Bangkingan, kelurahan Bangkingan, kecamatan Lakarsantri, Surabaya Jawa Timur. Luas lahannya yaitu 180 m² dan luas bangunannya 60 m². sebelah utara berbatasan dengan tanah kosong dan rumpun bamboo, sebelah timur berbatasan dengan perumahan, sebelah selatan berbatasan dengan jalan berpaving dan perumahan, dan sebelah barat berbatasan dengan tegalan yang ditanami jahe.
Menurut cerita masyarakat, Eyang Adji Soko adalah orang yang pertama kali membuka desa Bangkingan sehingga dipercaya sebagai leluhur desa tersebut.
Pada kompleks makam ini terdapat 4 (empat) makam, makam Eyang Adji Soko berada di dalam cungkup, sedangkan 3 makam yang lain berada di luar cungkup. Ketiga makam tersebut merupakan sahabat Eyang Adji Soko dan keempat makam itu seluruhnya masih dianggap keramat oleh masyarakat sekitar serta rata-rata dalam 1 bulan jumlah pengunjungnya ± 1000 orang. Cungkup Eyang Adji Soko berukuran panjang 10 m, lebar 6 m, lantai cungkup terbuat dari keramik warna putih ukuran 30 cm x 30 cm, langit-langit internit, dan atap genteng. Bangunan-bangunan yang ada baik pagar keliling maupun cungkup adalah bangunan baru yang dibangun pada tahun 2004
Makam Eyang Adji Soko, makam Eyang Adji Soko terdiri dari jirat dan nisan, terdapat kelambu atau langse yang disangga oleh empat tiang. Kelambu atau langse ini berfungsi sebagai pelindung makam, supaya tidak lekas kotor. Jirat makam Eyang Adji Soko bentuknya sederhana yaitu bentuk segi empat terbuat dari keramik, nisannya rangkap dua, masing-masing dibagian kepala dan kaki. Nisan yang asli terbuat dari batu dan berukuran lebih kecil serta dibagian sudut-sudutnya sisi bawah dihias dengan pola geometris segitiga, sedangkan nisan yang berukuran lebih besar merupakan nisan baru dan terbuat dari kayu. Juru kunci makam bernama Bapak Supingi. Kearah timur dari makam Eyang Adji Soko berjarak ± 50 m terdapat bangunan yang oleh masyarakat setempat disebut Punden Wedoro, pagar dari besi, pintu masuk berada disebelah barat.

0 komentar:

Posting Komentar