Minggu, 14 Desember 2014

Permainan Gamang

gamang_1376294690.jpg
Salah satu jenis permainan daerah Sumatera Selatan yang dimainkan malam hari adalah permainan gamang. Gamang dimainkan pada saat malam terang bulan. Permainan ini dapat ditemui di daerah Pelang Kenidai, Kecamatan Pagar Alam, Kabupaten Lahat. Sama seperti permainan tawanan, permainan gamang juga tidak memerlukan peralatan khusus ataupun iringan musik.
Permainan gamang merupakan permainan gambaran memburu binatang dengan membuat perangkap. Arena bermain merupakan tanah lapang agar para pemain bisa bergerak bebas. Pemain adalah dewasa laki-laki, perempuan, ataupun campuran. Biasanya berjumlah 8 pemain atau lebih. Arena bermain dibagi menjadi bidang-bidang horisontal dan diagonal.
Jika masing-masing regu terdiri dari empat anggota yang dimisalkan A,B,C, dan D, maka regu yang kedua dimisalkan E, F, G, dan H. Kemudian dua regu tersebut melakukan undian untuk menentukan siapa yang bertugas menyerang dan siapa yang bertugas menjaga. Kemudian diadakan kesepakatan mengenai jumlah game yang akan dimainkan.          
Tugas pemain A adalah menyergap penyerang yang lewat bidang horisontal. Sedangkan pemain B, C, dan D menyergap penyerang yang melewati bidang diagonal. Anggota regu dua bertugas di bidang-bidang tersebut agar bisa mencapai rumah. Apabila berhasil melewati keempat penjaga tersebut maka posisi nilai I : 0 untuk regu dua. Jika salah seorang penyerang kena sergap, maka game berakhir dan dimulai game selanjutnya dengan pergantian regu yang bermain. Demikianlah seterusnya sampai tercapai jumlah game yang disepakati.              

0 komentar:

Posting Komentar