Minggu, 14 Desember 2014

Permainan Layang-Layang


PERMAINAN TRADISIONAL RIAU
Layang-layang juga termasuk salah satu permainan rakyat daerah Riau. Pada umumnya layang-layang terbuat dari kertas atau kain parasut yang diberi kerangka dan dapat diterbangkan ke angkasa dengan bantuan angin setelah diikatkan pada seutas tali atau benang. Layang-layang ini dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa di tanah lapang pada musim kemarau atau selapas panen. Di daerah Riau ada beberapa jenis layang-layang antara lain: layang-layang kuwau dan sri bulan.
Layang-layang Kuwau adalah layang-layang yang terdiri dari tujuh bilah bambu yaitu: untuk sayap dua bilah, batang satu bilah dan ekor empat bilah (dua atas dan dua bilah bawah). Sayap berbentuk agak bulat sedangkan ekornya menyerupai segi tiga. Pada bagian kepala layang-layang tersebut diberi hiasan bunga-bunga dari benang wol.
Layang-layang sri bulan terdiri dari lima bilah bambu yaitu: untuk sayap dua bilah, batang satu bilah dan ekor dua bilah. Sayapnya berbentuk agak bulat sedangkan ekornya menyerupai bulan sabit. Pada bagian kepala layang-layang tersebut diberi hiasan bunga- bunga dari benang wol.

0 komentar:

Posting Komentar