Minggu, 14 Desember 2014

Permainan Setatak


PERMAINAN TRADISIONAL RIAU
Setatak adalah sebuah permainan anak-anak yang masih berkembang di Pekanbaru dan sekitarnya. Menurut informasi yang didapat, permainan setalak sama dengan Dore di mana bentuk dan aturan permainannya adalah sama. Permainan setatak digolongkan dengan permainan hiburan yang dilakukan saat waktu senggang oleh anak laki-laki dan perempuan berjumlah 2 sampai 4 orang dengan usia 6 sampai 12 tahun.
Sebelum permainan dimulai, anak-anak biasanya bergotong-royong menggaris tanah untuk membuat lapangan permainannya Kemudian setiap  anak akan menyiapkan ucak atau gacuk yang dibuat dari pecahan piring kemudian diasah dan dibulatkan yang digunakan sebagai penikam. Pada permainan setatak ada beberapa urutan permainan yang akan dilaksanakan
  1. Ucak tikam pada petak 1 sampai petak 9 kemudian kembali ke petak 5 sampai petak l, loncat sebelah kaki sambil menjepit gacuk pada jari kaki.
  2. Ucak diletakkan di telapak tangan dan loncat sebelah kaki untuk naik lan turun lapangan. Tingkop ucak 5 kali dengan lambungan ucak di belakang telapak tangan, Utngkap dengan telapak tangan. 
  3. Ueak dikenakan pada lengan yang ditelentangkan dekat siku. Ajukan tangan ke muka ke samping, loncat sebelah kaki. Turunkan ueak dari tangan, sambut dengan telapak tangan itu juga.
  4. Ueak diletakkan di kepala, berjalan biasa melewati lapangan. Jatuhkan ueak dari kepala dan sambut dengan tangan.
  5. Ueak diletakkan pada belakang kaki kanan dan meloncat dengan kaki kiri. Ueak yang di belakang kaki, lambungkan ke atas, tangkap dengan tangan kanan.
  6. Ueak dipegang di telapak tangan, loncaL dengan kaki sebelah kiri.
  7. Meraba-raba ueak di petak bintang. Dengan mata terpejam, membelakangi petak bintang sampai duduk mencangkung tangan meraba-raba untuk mengambil ueak di petak bintang. Ueak dilambung sambut dengan belakang telapak tangan. Sambil membelakangi arena permainan mengambil ancang-ancang untuk menikam bintang.
  8. Ambil bintang. Bintang merupakan biji kemenangan bagi permainan setatak, petak- petak yang akan direbuti bintang-bintang.
Penentuan kalah menang dalam pertandingan ini adalah yang terbanyak memiliki bintang dari 10 petak.

0 komentar:

Posting Komentar