Minggu, 14 Desember 2014

Permainan Kelereng Batu


PERMAINAN TRADISIONAL RIAU
Permainan kelereng bata adalah permainan rakyat masih digemari anak-anak di Pekanbaru sekitarnya. Dimainkan oleh anak-anak laki-laki dan perempuan di halaman sekolah maupun lapangan yang luas pada sore dan malam terang bulan. Jumlah pemain antara 2 sampai 5 orang yang berusia 7 sampai 12 tahun, oleh semua lapisan masyarakat. Kelereng terbuat dari adonan semen dengan kapur, bentuknya yang bulat sebesar ibu jari kaki, atau terbuat dari batu kali, yang di bentuk sedemikian sehingga menyerupai kelereng yang sebenarnya, dan akhir-akhir ini telah menggunakan kelereng yang terbuat dari kaca sebesar telunjuk tangan saja.
Setiap pemain diwajibkan mempunyai kelereng L buah untuk satu orang. Mereka menyiapkan lapangan dengan menggaris lingkaran yang berjari-jari sekitar 5 meter (tergantung jumlah pemain), dan membuat lubang dengan diameter 12 sampai 14 cm pada tengah-tengah lapangan. Mereka memulai permainan dengan melakukan undian. Para pemain secara bersama-sama berusaha memasukkan (menikam) kelereng dari garis batas lingkaran ke dalam lubang tengah, yang terdekat dengan lubang dinyalakan sebagai pemain urutan pertama dalam melakukan permainan dan terdekat kedua adalah sebagai pemain kedua dan seterusnya sesuai jumlah pemain.
Permainan ini adalah permainan memasukkan kelereng ke dalam lubang dan mengenakan kelereng lawan secara terus-menerus, kalau tidak berhasil maka dia disebut mati langkah, permainan digantikan oleh pemain selanjutnya. Pemain yang mencapai nilai gim tertentu (sesuai dengan yang disepakati = nilai 7) maka dinyatakan menang. Setiap mengenakan kelereng lawan atau memasukkan kelereng ke lubang akan mendapat nilai masing-masing l, dan biJa dapat memasukkan kelereng ke lubang saat melakukan undian maka nilainya langsung 7.
Hukuman pada pemain yang kalah dilakukan dengan menyentik kelerengnya ke tangan pemain yang kalah atau mengambil kelereng pemain yang kalah. Permainan ini sangat digemari anak-anak sampai saat ini dan permainan sejenis banyak dijumpai pada daerah lain di Indonesia, hanya aturan mainnya yang sedikit berubah.

0 komentar:

Posting Komentar