Kamis, 11 Desember 2014

Makam Mbah Karimah

Makam Mbah Karimah_1398236344.jpg
Makam Mbah Karimah terletak di Jalan Kembang Kuning Kulon II, kelurahan Pakis, kecamatan Sawahan, Surabaya Jawa Timur. Luas bangunan dari makam ini yaitu 120 m².
Nama asli Mbah Karimah sebenarnya Ki Wirosaroyo dan memiliki hubungan dengan Sunan Ampel. Menurut cerita masyarakat setempat, Raden Rahmad yang hendak menuju tanah pardikan di Ampel Denta dari Majapahit dihadang Mbah Karimah di tempat ini, hutan belantara dan lereng bukit yang subur karena dialiri Kali Banyuurip. Cerita yang legendaris adalah perkenalan Rahmad dengan penggede tempat ini, Ki Wirosaroyo. Tidak dijelaskan bagaimana tarik ulur antara Rahmad bisa mencuri hati Mbah Karimah sampai merelakan anaknya disunting. Sejak menikahi Karimah, si Mbah menjadi mertua, dia diperbolehkan mendirikan tempat transit berupa musala kayu mirip cungkup di pojokan Kembang Kuning. Sang Mbah tidak mengikuti perjalanan Rahmad dan anaknya menuju Ampel Denta. Dia memilih menetap di Kembang Kuning dan menjadi penyebar Islam di Selatan Surabaya. 
Pintu masuk ke kompleks Makam Mbah Karimah ada dua yang dibangun pada tahun 1970 (keduanya di sebelah timur/depan), satu pintu berbentuk paduraksa sedang satunya lagi bentuknya setengah bulatan di bagian atas. Di dalam kompleks makam terdapat beberapa bangunan di antaranya cungkup, Langgar Al-Karimah, tempat wudlu, paseban, dan Pondok Pesantren Al-Karimah. Di samping itu juga terdapat beberapa jenis vegetasi antara lain: Pohon asam yang cukup besar dan mangga.
Satu cungkup yaitu makam Mbah Karimah dan makam Mbah Sholeh. Makam Mbah Karimah berada disebelah utara makam Mbah Sholeh. Cungkup makam dan jirat makam disini merupakan bangunan baru. Cungkup berukuran panjang 11,60m, lebar 10m, tidak memiliki dinding, lantai terbuat dari keramik ukuran 30cm x 30cm, atap tumpang satu dan memiliki hiasan bulan-bintang, atap cungkup disangga oleh 16 beton. Makam Mbah Karimah terdiri dari jirat dan nisan, terdapat kelambu yang ditopang oleh besi berhias di sekeliling makam. Sedang di bagian nisan diberi penutup kain putih yang menunjukkan makam masih dianggap keramat. Jirat makam Mbah Karimah berdenah empat persegi panjang, berukuran: Panjang 261cm, lebar 118cm, dan tinggi 35cm. Seluruh permukaan jirat terbuat dari keramik warna hijau ukuran 20cm x 20cm, sedangkan nisannya berbentuk kurawal, terbuat dari batu putih berukuran 29cm x 29cm x 4cm. Juru kunci makam bernama Bapak Mahfud.

0 komentar:

Posting Komentar