Selasa, 09 Desember 2014

Makam Eyang Gusti Wongsonegoro

makam eyang gusti_1398151517.jpg
Makam Eyang Gusti Wongsonegoro
Makam Eyang Gusti Wongsonegoro terletak di Jalan Sidorejo-Karangploso Bangkingan, kelurahan Bangkingan, kecamatan Lakarsantri, Surabaya Jawa Timur. Luas lahannya yaitu 4200 m² dan luas bangunannya 48 m².
Eyang Wongsonegoro menurut cerita masyarakat setempat adalah bangsawan berasal dari Mentaok Jawa Tengah dan merupakan cikal bakal (yang babat alas) Desa Bangkingan.
Pada kompleks makam ini terdapat 2 (dua) makam, masing-masing memiliki cungkup yang dibangun lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Cungkup tokoh utama berukuran panjang 8 m dan lebar 6 m. Makam tokoh utama (Eyang Suci Wongsonegoro berada disebelah timur makam Eyang R.Suryo. Lantai cungkup terbuat dari keramik ukuran 40 cm x 40 cm, langit-langit atap dari interknit, atap cungkup tebuat dari genting dan tumpang dua. Namun bangunan-bangunan ini baik pagar depan maupun cungkupnya merupakan bangunan baru yang dibangun pada tahun 2009. Hanya nisannya saja yang lama (asli).
Makam Eyang Suci Gusti Wongsonegoro terdiri dari jirat dan nisan. Terdapat kelambu atau lengse yang disangga oleh empat tiang. Kelambu atau langse ini berfungsi sebagai pelindung makam supaya tidak lekas kotor, sedang dibagian nisan diberi penutup kain putih yang menunjukkan makam masih keramat. Jirat makam Eyang Suci Gusti Wongsonegoro berdenah empat persegi panjang, terbuat dari kayu, yang berukuran panjang 1 m, lebar 2 m, tinggi 20 cm. Nisannya berbentuk kurawal, terbuat dari batu putih berukuran tinggi: 40 cm, lebar: 22 Cm, tebal: 8 cm. Juru kunci di makam ini bernama Bapak Sumali.

0 komentar:

Posting Komentar