Jumat, 12 Desember 2014

Permainan Si..

si_1376548994.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL JAKARTA
Permainan si.. dimainkan di beberapa daerah, salah satunya di daerah Ciganjur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Peserta berasal dari beragam kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Permainan si.. biasanya dimainkan pada malam terang bulan. Tidak ada peralatan khusus yang dibutuhkan dan arena bermainnya berupa tanah yang cukup luas.
Permainan si.. dibagi ke dalam dua regu dengan anggota masing-masing regu sebanyak empat orang. Setiap anggota bermain secara bergantian. Misalkan permainan dimulai dari regu A, maka salah satu anggota regu A melintas batas menuju wilayah B. Setelah berhasil mendekati posisi anggota regu B, dengan berbagai cara anggota A tersebut harus berusaha menarik salah satu anggota regu B sambil menyerukan “Si...” dan menahan nafas panjang.
Pemindahan anggota terjadi ketika anggota A yang berusaha menarik anggota B tersebut berhasil. Maka anggota B yang ditarik akan berpindah menjadi anggota regu A. Oleh karena itu, ketika anggotanya ditarik, anggota lain dalam regu B harus berusaha mempertahankan temannya. Salah satu cara peratahannya adalah dengan menindih anggota A yang sedang menarik anggota B agar ia tak tahan menyerukan ‘Si...”. Jika regu B berhasil melakukannya maka anggota regu A tersebut menjadi anggota regu B. Regu pemenang adalah regu yang mampu menarik regu lawan menjadi anggotanya.

0 komentar:

Posting Komentar