Sabtu, 13 Desember 2014

Permainan Sutil

sutil_1376629376.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL JAKARTA
Permainan lain yang juga dapat ditemukan di Jakarta adalah permainan sutil. Istilah sutil memiliki arti ‘mengungkit’. Jenis permainan sutil hampir sama dengan permainan ting-tong. Permainan sutil ini dapat dimainkan kapan saja dan tanpa syarat-syarat khusus. Pemain biasanya anak laki-laki dengan rentang usia 7 - 13 tahun. Sekurang-kurangnya pemain terdiri dari dua orang.
Permainan sutil memiliki sifat pertandingan. Peralatan yang digunakan terdiri dari sutil dan kepingan uang logam. Sebelum permainan dimulai,  dilakukan undian untuk menentukan siapa yang akan memulai permainan pertama kali. Pemenang undian adalah pemain yang memegang sisi uang logam kron (kap), sedangkan yang kalah memegang sisi cu.
Setelah diketahui urutan bermain, pemain pertama berhak memegang sutil. Kemudian dua keping uang logam diletakkan di ujung sutil. Kepingan uang logam tersebut dilentingkan ke atas dan jatuh ke tanah. Jika kedua keping menunjukkan kron maka pemain dinyatakan menang. Sedangkan jika sisi cu yang tampak maka pemain dinyakan kalah.
Permainan dikatakan seri ketika kedua keping logam menunjukkan sisi kron dan cu secara bersamaan. Ketika permainan  berakhir, pemain yang kalah harus menerima hukuman sesuai dengan perjanjian di awal permainan. Demikian seterusnya permainan dilakukan berulang-ulang sekitar 10-20 kali dan selalu dimulai dengan undian.

0 komentar:

Posting Komentar