Kamis, 11 Desember 2014

Candi Sojiwan

DSCN6417_1400729248.JPG
Candi Sojiwan adalah candi bernapaskan agama Buddha yang dibangun berdampingan dengan bangunan suci Prambanan yang berlatar keagamaan Hindu. Candi ini terletak di Dusun Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.
Candi Sojiwan dikaitkan dengan Rakryan Sanjiwana yang disebut dalam prasasti Rukam berangka tahun 829 Saka (907 Masehi). Prasasti Rukam berisi penetapan Desa Rukam menjadi desa perdikan bagi Rakryan Sanjiwana yang telah hancur karena letusan gunung.
Candi Sojiwan terdiri atas dua gugusan, yaitu gugusan utara dan selatan. Gugusan selatan kini sudah menjadi pemukiman penduduk, sedangkan gugusan utara terdiri atas satu candi induk dan candi perwara yang mengelilinginya. Terdapat 20 relief yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka di bagian kaki candi. Cerita pada relief menggambarkan kehidupan hewan yang memuat ajaran moral atau kebijaksanaan, seperti hikmah kesetiakawanan dan saling tolong menolong dalam cerita “Seorang Prajurit dan Pedagang”, atau hikmah untuk hidup tertib dari cerita “Ekor Angsa Menerbangkan Kura-Kura”.

0 komentar:

Posting Komentar