Minggu, 14 Desember 2014

Permainan Kerang

kerang1_1377180268.png
PERMAINAN TRADISIONAL JAMBI
Permainan ini dilakukan di atas lantai rumah yang dilakukan oleh anak perempuan berusia 8 – 14 tahun dengan jumlah pemain 2 – 5 orang atau lebih yang dilakukan sendiri atau berkelompok. Permainan menggunakan kulit kerang berjumlah 12 atau 18, asal dalam jumlah kelipatan enam. Selain itu juga menggunakan bola kasti.

Permainan dimulai dengan melakukan sut. Siapa yang menang akan memulai permainan terlebih dahulu, dengan cara melambungkan bola ke atas kira-kira 40 cm sambil menyebar kulit kerang. Kemudian memungut kulit kerang satu demi satu, dilakukan lagi pemungutan dua buah, kemudian tiga buah dan seterusnya yang terakhir sekaligus 6 buah. Seandainya ini berhasil dilakukan oleh seorang pemain, maka dilanjutkan menabur kembali enam buah kulit kerang tadi untuk melakukan pemutihan. Pemutihan adalah membalikkan kulit kerang menjadi putih, kemudian dipungut satu persatu, seterusnya ditabur lagi untuk dipungut kembali dua-dua, begitu seterusnya sampai terakhir memungut enam buah sekaligus.
Setelah selesai pemutihan, dilakukan penghitaman yaitu membalikkan kulit kerang yang berwarna hitam. Caranya seperti melakukan pemutihan, kemudian dilakukan expert. Expert adalah menabur kembali kulit kerang, kemudian dilakukan pemutihan dan penghitaman terakhir pemutihan. Selanjutnya pemain melaksanakan menyinggam yaitu meletakkan enam buah kulit kerang ke atas telapak tangan, kemudian dibalikkan ke punggung tangan dan terkahir disinggam dengan jalan mengambil kembali ke dalam telapak tangan. Berapa kulit kerang yang dapat saat menyinggam itulah yang sangat menentukan. Jika yang dapat lebih dari empat buah berarti menang dan sebaliknya jika yang dapat kurang dari empat berarti gagal dan harus mengulang pada giliran berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar