Sabtu, 13 Desember 2014

Permainan Ketekhan

ketekhan_1376464713.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL LAMPUNG
Semua jenis permainan ini dapat dilakukan oleh anak-anak dari semua lingkunga kelompok social. Permainan ini digolongkang pada permainan rekreatif dan kompetitif.
Ketekhan berasal dari bahasa Lampung yang berarti kitiran. Permainan ketekhan dimainkan oleh anak laki-laki, jumlah pemain 2 orang atau lebih, usia dari 7 sampai 12 tahun.  Masing-masing peserta mempergunakan sebuah alat kitiran terbuat dari sebuah karet/para yang dilubangi dari atas sampai bawah. Besarnya lubang tersebut kira-kira sebesar paku senta. Kemudian dilengkapi dengan baling-baling serta benang sedemikian sehingga dengan menarik benang baling-naling dapat berputar.
Dilakukan di halaman rumah atau halaman sekolah. Dengan membuat garis start dan garis finish dengan jarak 20 m atau lebih. Semua pemain berjajar pada garis start dan garus finish dengan jarak 20 m atau lebih. Semua pemain berjajar pada garis start dengan masing-masing kitirannya. Setelah juri member aba-aba, semua peserta berlari sambil membawa alat kitiran/baling-baling dengan keadaan tetap berputar sampai ke garis finish dan kembali lagi ke garis start. Kemudian juri akan menentukan satu orang sebagai pemenang. Bila pemenangnya lebih dari satu orang, maka diadakan suit diantara pemenang.
Sebagai hukuman terhadap yang kalah, pemenang didukung/digendong secara bersama-sama oleh pemain yang kalah dari mulai garis start finish dan kembali ke garis start.

0 komentar:

Posting Komentar