Sabtu, 13 Desember 2014

Permainan Mardetes

mardetes_1376535086.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL SUMATERA UTARA
Jenis permainan mardetes dikenal di daerah Simalungun yang mempunyai makna “meluncur”. Permainan ini mirip dengan olahraga ski yang kita kenal dewasa ini. Sifat permainan ini kompetitif, yang dapat melatih ketangkasan di samping menjadi hiburan melihat orang yang jatuh terguling yang menimbulkan kelucuan. Mardetes dimainkan anak laki-laki saja, berumur 6 sampai 12 tahun, jumlah pemain umumnya 8 atau 10 orang terdiri dari 4 atau 5 orang. Dilakukan pada waktu sore hari ketika istirahat dari membantu orang tuanya seharian.
Alat yang digunakan dalam permainan ini yaitu sebuah alat peluncur yang terbuat dari pelepah pinang yang dibentuk sedemikian rupa, daunnya dibuang dan ujungnya dipotong sebagai pegangan dan dapat juga dari pelepah enau yang dibentuk seperti sampan panjangnya 70 cm, sebelah depan dipahatkan sepotong kayu sebagai tempat injakan kaki sepanjang 20 cm kiri dan kanan. Kemudian mencari arena pertandingan seperti lereng bukit dengan kemiringan 30° atau lebih dengan panjang 30 atau 40 meter, lebar 15 meter, direntangkan tali pada bagian atas sebagai garis start dan di bawah direntangkan tali sebagai garis finish.
Mula-mula ditentukan 2 orang juri, kemudian menentukan personil setiap grup, grup A dan grup B. Pemain dari kedua grup dibuat/disusun berselang-seling, menduduki alat peluncurnya masing-masing dengan kaki menginjak tanah pada tali yang direntangkan sebagai garis start. Juri memberi aba-aba sebagai tanda dimulai peluncuran. Setiap pemain berusaha mendahului lawan sambil menghalangi lawan dengan caranya sendiri-sendiri. Sebaliknya lawan akan berusaha mengelakkan rintangan itu dengan cara membelokkan luncurnya sehingga dapat meneruskan peluncuran. Pada garis finish kedua juri telah bersiap-siap untuk memperhatikan dari grup mana yang terbelakang. Bila pemain ada yang terguling maka dianggap kalah dalam permainan, hanya pemain yang tidak pernah jatuh yang dianggap sah sampai garis finish.

0 komentar:

Posting Komentar