Sabtu, 13 Desember 2014

Permainan Merboni-boni Saputangan

saputangan_1376534225.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL SUMATERA UTARA
Merboni-boni saputangan pada masyarakat Dairi berarti bermain sembunyi-sembunyian saputangan. Merboni- boni Sapu Tangan dibentuk dari : mer + boni- boni, karena didalam permainan ini sapu tangan merupakan alat utama, dan permainan ini berlangsung dalam bentuk cara- cara menyembunyikannya.
Permainan seperti ini juga ada di daerah Karo dengan nama merbuni-buni saputangan dan di daerah Melayu dengan nama bermain selampai. Dimainkan anak laki-laki bersama-sama anak perempuan berumur antara 6 sampai 10 tahun dengan jumlah mencapai 15 sampai 20 orang. Permainan ini tidak terikat dengan peristiwa lain, dan biasanya dimainkan pada waktu siang hari.
Sebelum permainan dimulai lebih dulu diadakan suit untuk menentukan seorang pemain yang bertindak sebagai pembawa saputangan secara berkeliling dan menjatuhkannya pada tempat yang dikehendakinya. Peserta lainnya berdiri rapat membentuk lingkaran yang agak besar. Pembawa saputangan berjalan di luar lingkaran sedemikian rupa agak setengah membungkuk sehingga jatuhnya saputangan itu tidak dapat segera dilihat. Yang perlu segera tahu jatuhnya saputangan adalah anak yang berada dekat tempat jatuhnya saputangan. Jika saputangan sudah dijatuhkan tetapi anak yang terdekat tidak mengetahui, sehingga yang membawa semula sempat memungutnya kembali maka anak yang tidak tahu tersebut dianggap kalah dan sebaliknya bila dia tahu dan segera menangkapnya maka anak yang menjatuhkannya dianggap kalah.
Hukuman bagi peserta yang kalah, ialah dengan menyuruh anak yang kalah berlari dan dikejar oleh anak yang menang sambil memukulkan saputangan ke tubuh anak yang kalah. Hal itu berlangsung terus menerus sampai lingkaran yang dibentuk peserta dapat terkelilingi. Demikianlah seterusnya yang kalah memerankan untuk menjatuhkan saputangan di sekitar lingkaran.

0 komentar:

Posting Komentar