Jumat, 12 Desember 2014

Permainan Cako

panjat-pinang_1376465350.jpg
PERMAINAN TRADISIONAL JAKARTA
Permainan cako dimainkan di beberapa daerah Jakarta seperti Pasar Minggu, Cilandak, dan Kebayoran Lama. Nama permainan ini mungkin terdengar sangat asing meskipun hingga saat ini masih sering dimainkan. Karena saat ini permainan cako jauh lebih dikenal dengan nama panjat pinang. Permainan cako ini pun tidak hanya terbatas dimainkan di Jakarta, akan tetapi dimainkan hampir di seluruh daerah di Indonesia.
Arena bermain umumnya berupa lapangan tanah terbuka atau lapangan sepak bola. Adapun peralatan yang digunakan adalah pohon pinang, kerangka lingkaran dari bambu, dan hadiah-hadiah. Permainan ini biasanya diadakan pada hari-hari perayaan seperti HUT Republik Indonesia dan lebaran. Pemain atau pesertanya umumnya berasal kaum lelaki, baik dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, saat ini di beberapa daerah kaum wanita juga turut serta secara langsung dalam meriahnya permainan cako atau panjat pinang
Pohon pinang yang gunakan merupakan pinang yang sudah dilicinkan kemudian diberdirikan pada arena bermain. Biasanya batang pinang yang digunakan setinggi lima kali orang dewasa. Pada bagian atasnya dipasang kerangka lingkaran, tempat menggantung hadiah yang akan diperebutkan. Pemenang adalah orang atau regu yang berhasil memanjat secara bersusun sampai berhasil menggapai hadiah yang digantungkan. Tujuan permainan ini adalah untuk menumbuhkan kerja sama dan menekan ego pribadi agar dapat mencapai apa yang diinginkan. Permainan ini juga menghibur bagi yang melihatnya.
Sumber: Direktorat Permuseuman. 1998. Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Proyek Pembinaan Permuseuman.

0 komentar:

Posting Komentar