RUMAH SOURAJA
Berbeda dengan Tambi yang diperuntukan bagi penduduk pada umumnnya, Di Sulawesi Tengah Banua Mbaso atau disebut juga Souraja
merupakan rumah tradisional tempat tinggal turun temurun bagi keluarga
bangsawan. Souraja pertama kali dibangun oleh Raja Palu, Jodjokodi, pada
tahun 1892. Souraja yang pertama kali dibuat terebut, masih bisa
dilihat pada saat ini. Kata Souraja (Sou Raja) dapat diartikan rumah besar, merupakan pusat pemerintahan kerajaan masa lampau, bisa dikatakan sebagai rumah tugas dari manggan atau raja. Selama bertugas, raja beserta keluarganya tinggal di sini.
Secara keseluruhan, bangunan Banua Mbaso terbagi atas tiga ruangan , yaitu:
- Lonta karawana (ruang depan). Ruangan ini berfungsi sebagai ruang tamu. Di ruangan ini dibentangkan onysa (tikar) sebagai alas. Para tamu yang menginap, biasanya bermalam menggunakan ruang ini.
- Lonta tata ugana (ruang tengah). Ruangan ini khusus untuk menerima tamu yang masih ada hubungan keluarga.
- Lonta rorana (ruang belakang). Ruangan ini berfungsi sebagai ruang makan. Terkadang ruang makan juga berada di lonta tata ugana. Di pojok belakang ruangan ini khusus untuk kamar tidur anak-anak gadis.
Untuk avu
(dapur), sumur dan jamban, dibuatkan bangunan tambahan yang terletak di
belakang bangunan utama. Untuk menghubungkan bangunan induk dengan
ruang dapur tersebut dibuatkan jembatan beratap yang disebut dengan hambate atau dalam bahasa Bugis disebut jongke.
Souraja
berbentuk rumah panggung yang ditopang sejumlah tiang balok dari kayu
ulin, bayan, atau kayu besi yang terkenal keras. Atapnya berbentuk
prisma yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang disebut panapiri, dan pada ujung bubungan bagian depan dan belakang diletakkan mahkota berukir disebut bangko-bangko.
Terdapat banyak kaligrafi huruf Arab pada pintu atau jendela, atau ukiran pompeninie
pada dinding, loteng, pinggiran cucuran atap, bangko-bangko dengan
motif bunga-bungaan dan daun-daunan. Serupa dengan ukiran-ukiran yang
berada di Tambi, motif-motif hiasan tersebut melambangkan kesuburan,
kemuliaan, keramah-tamahan dan kesejahteraan.
0 komentar:
Posting Komentar